Kunci Sukses Kinerja Guru di Sekolah Menengah Kejuruan : Mengelola Emosi dengan Bijak
Abstract
Tujuan- menjelaskan peran emosi terhadap kinerja guru Sekolah Menengah Kejuruan).Penelitian exolanatory survei. terhadap guru di Jawa Barat sebanyak 364 guru SMK swasta dengan analisis data menggunakan regresi. Hasil penelitian menunjukkan emotion yang terdiri dari enjoyment, anger dan anxiety. Dengan arah yang sama untuk menjelaskan kinerja . Implikasi teoritis yaitu Penjelasan mengenai emosi berdasarkan emotional labour theory menunjukan bahwa emosi merupakan aspek penting yang berkaitan dengan kinerja para guru sekaligus menunjukan kualitas kehidupan mental para guru. Emosi sebagai sumber daya bagi guru untuk melaksanakan perannya. Implikasi praktis bahwa emosi perlu dikelola berdasarkan pandangan mengenai fungsi emosi untuk mendukung proses maupun pelaksanaan tugas-tugas guru memfasilitasi proses pembelajaran siswa di Sekolah. Originalitas /nilai- memperluas penjelasan mengenai factor yang mempengaruhi perubahan kinerja berdasarkan proposisi emotional labour theory



