https://jurnal.asmkencana.ac.id/index.php/SECAD/issue/feed SECAD 2025-07-12T07:22:14+00:00 Open Journal Systems <p>SECAD : Secreatary Administration Journal adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Kesekretariatan setiap 2 (dua) kali dalam satu tahun pada bulan Juni dan Desember.&nbsp; Jurnal ini berisi kajian hasil penelitian dalam bidang sekretaris, manajemen dan administrasi.</p> https://jurnal.asmkencana.ac.id/index.php/SECAD/article/view/154 PENGARUH PELATIHAN DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI RSUD BANDUNG KIWARI 2025-07-11T05:52:14+00:00 Nihayatul Adawiyah adawiyahpuput@asmkencana.ac.id Risna Amelia risnaamelia@asmkencana.ac.id <p>Pengaruh Pelatihan dan Kompetensi terhadap Kinerja Karyawan di RSUD Bandung Kiwari. Masalah utama dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh Pelatihan dan Kompetensi terhadap Kinerja Karyawan di RSUD Bandung Kiwari. Tujuan penulis melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh Pelatihan dan Kompetensi terhadap Kinerja Karyawan di RSUD Bandung Kiwari, baik secara parsial maupun simultan.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan di RSUD Bandung Kiwari yang dijadikan sampel sebanyak 92 responden. Data dalam penelitian ini merupakan data primer, dimana data tersebut diperoleh dari jawaban responden terhadap kuesioner yang penulis sebarkan. Hasil analisis data yang telah penulis lakukan, ditemukan bahwa terdapat Pengaruh Pelatihan dan Kompetensi terhadap Kinerja Karyawan di RSUD Bandung Kiwari baik secara parsial maupun simultan. Dapat disimpulkan bahwa apabila pelatihan karyawan dilaksanakan dengan baik, maka kompetensi karyawan juga akan meningkat yang akan berpengaruh terhadap tercapainya kinerja karyawan yang baik.</p> 2025-06-16T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.asmkencana.ac.id/index.php/SECAD/article/view/157 TINJAUAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI BADAN NARKOTIKA NASIONAL KOTA BANDUNG 2025-07-11T06:18:59+00:00 Ninin Nurhidayati nininnurhidayati@asmkencana.ac.id Meisya Merlina Meisya@asmkencana.ac.id Abdul Jamil Abd.jamil984@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk meninjau kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Bandung dalam upaya pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan narkotika.. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BNN Kota Bandung sudah melayani publik dengan beberapa indikator seperti ketepatan waktu, kejelasan prosedur sikap ramah dan baik dalam membangun kepercayaan masyarakat terhadap isu pemerintahan, meskipun masih terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan sumber daya manusia dan sarana pendukung yang belum optimal. Temuan ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi dan pengembangan kebijakan pelayanan publik di lingkungan lembaga penanggulangan narkotika, perlunya peningkatan kapasitas petugas, pengembangan sistem layanan digital, serta penguatan kolaborasi lintas sektor agar pelayanan publik dapat berjalan lebih maksimal.</p> 2025-06-16T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.asmkencana.ac.id/index.php/SECAD/article/view/158 ANALISIS KESADARAN DIRI KARYAWAN HOTEL ASTON PASTEUR BANDUNG 2025-07-11T06:29:37+00:00 Ade Ponirah adeponirah18@asmkencana.co.id Reja Mustafa Fahzri ejamstf08@gmail.com <p>menganalisis kesadaran diri karyawan hotel aston pasteur bandung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, tujuan penulis menggunakan metode ini agar penulis dapat mendeskripsikan rumusan masalah yang memandu peneliti untuk mengekplorasi atau memotret situasi sosial yang diteliti secara menyeluruh, luas dan dalam proses Analisis kesadaran diri, performa dan kepribadian karyawan terhadap kepuasan kinerja di Hotel Aston Pasteur. Populasi dalam penelitian ini adalah para karyawan pada Hotel Aston Pasteur yang aktif di periode tahun 2024. Teknik pengambilan sampel (Sampling) menggunakan <em>non probability sampling </em>sehingga ada 38 orang karyawan untuk dijadikan sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata sebesar 4,07 yang termasuk kategori terlaksanakan dengan cukup baik<strong>. </strong>Maka dari itu, penerapan Kesadaran diri yang sudah ditetapkan dapat diimplementasikan atau diterapkan dengan baik di Hotel Aston Pasteur Bandung. Sehingga karyawan mengetahui tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukannya dan perusahaanpun akan lebih mudah dalam mencapai tujuannya.</p> 2025-06-16T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.asmkencana.ac.id/index.php/SECAD/article/view/160 TINJAUAN PENGGUNAAN KONTEN MEDIA SOSIAL PADA DEPARTEMEN SALES MARKETING DI FAVE HOTEL BRAGA BANDUNG 2025-07-11T06:45:55+00:00 Donny Heryadi fikridonny@gmail.com Ifa Alifah Nurzain Ifaanrzain13@gmail.com <p>Tugas akhir ini berjudul “Tinjauan Penggunaan Konten Media Sosial pada Departemen <em>Sales Marketing</em> di Favehotel Braga Bandung”. Ifa Alifah Nurzain menulis Tugas Akhir ini dengan dibimbing oleh Bapak Donny Heryadi, ST., M.M.</p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk meninjau penggunaan konten media sosial dalam meningkatkan efektivitas penggunaan media sosial pada departemen <em>sales marketing</em> di Favehotel Braga Bandung.</p> <p>Dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif, penulis menggambarkan hasil observasi dan menganalisa data-data yang di peroleh di lapangan melalui penyebaran kuesioner untuk mengetahui tanggapan/respon tentang penggunaan konten media sosial di Favehotel Braga Bandung. Populasi dalam penelitian ini adalah Pengikut Akun Instagram resmi Favehotel Braga Bandung berjumlah 6.437 <em>followers</em> per Mei 2025. Menggunakan sampel pada penelitian ini sebanyak 98 responden, dengan rumus Slovin.</p> <p>Setelah melakukan analisis dan pembahasan masalah, penulis memperoleh Kesimpulan bahwa penggunaan media sosial di Favehotel Braga Bandung sudah terlaksana dengan baik dengan bobot nilai 4.027</p> 2025-06-16T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.asmkencana.ac.id/index.php/SECAD/article/view/161 PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN BUDAYA ORGANISASIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. ASASTA AEFA AGUNG KABUPATEN KARAWANG 2025-07-11T07:05:44+00:00 Elly Watti Noorhan ellywattinoorhan@asmkencana.ac.id Neneng Milasari milaimmi2405@gmail.com <p>Penelitian ini fokus pada dampak kecerdasan emosional dan budaya organisasional terhadap kinerja karyawan di PT. Asasta Aefa Agung. Kecerdasan emosional yang memengaruhi manajemen emosi dan interaksi sosial, serta budaya organisasional yang membentuk norma perilaku, terbukti memiliki pengaruh positif secara signifikan terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan kuesioner dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Dari 50 responden, hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa kecerdasan emosional dan budaya organisasional secara individual berkontribusi positif terhadap kinerja karyawan. Selain itu, secara bersama-sama, keduanya memiliki dampak yang signifikan. Kesimpulan ini diperkuat oleh nilai p-value yang menunjukkan signifikansi statistik pada tingkat kepercayaan 95%. Implikasinya, peningkatan kecerdasan emosional dan pengelolaan budaya organisasional dapat meningkatkan kinerja karyawan di PT. Asasta Aefa Agung</p> 2025-06-16T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.asmkencana.ac.id/index.php/SECAD/article/view/162 TINJAUAN KUALITAS PELAYANAN FRONT OFFICE (FO) DI HOTEL MALAKA BANDUNG 2025-07-11T07:10:58+00:00 Ary Yanuart aryyanuarti@asmkencana.ac.id Alflianti Alflianti Alflianti345@gmail.com Dewi Maryunizah dewimaryunizah@asmkencana.ac.id <p class="Default" style="text-align: justify;"><span lang="EN-ID" style="font-size: 11.0pt;">Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan departemen <em>FO </em>di Hotel Malaka Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis kuantitatif yaitu penulis menggambarkan hasil observasi dan menganalisa data-data yang diperoleh di lapangan secara langsung. Dari penelitian ini Populasinya adalah tamu yang pernah menginap di Hotel Malaka Bandung sebanyak 35.040 tamu diambil 15% dari populasi menghasilkan sampel 45 tamu. Setelah melakukan analisis dan pembahasan masalah, penulis memperoleh kesimpulan bahwa pelayanan yang diberikan oleh <em>FO </em>di Hotel Malaka Bandung sudah terlaksana dengan baik, hasil dilihat dari data kuesioner yang telah disebarkan dengan skor nilai 3,71. Hanya saja ada keluhan yang dirasakan oleh pengunjung Hotel Malaka Bandung selama menginap. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kualitas departemen <em>FO </em>di Hotel Malaka Bandung perlu di optimalkan agar dapat mencapai tingkatan kepuasan yang lebih baik. </span></p> 2025-06-16T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.asmkencana.ac.id/index.php/SECAD/article/view/163 PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN PEMBERIAN UPAH TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN DI PT. YATRA BUANA FAJAR 2025-07-11T07:18:04+00:00 Abdul Jamil abd.jamil6784@gmail.com Ericho Agil Nugraha richopujaperkasa@gmail.com Dudun Junaedi dudunjunaedi@asmkencana.ac.id <p>Masalah utama yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah Produktivitas Kerja Karyawan Di PT. Yatra Buana Fajar, yang diduga dipengaruhi oleh faktor Disiplin Kerja dan Pemberian Upah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Disiplin Kerja (X1) dan Pemberian Upah (X2) secara parsial maupun simultan terhadap Produktivitas Kerja Karyawan (Y) Di PT. Yatra Buana Fajar.</p> <p>Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan pada PT. Yatra Buana Fajar sebanyak 45 responden (sampling jenuh). Data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.</p> <p>Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari Disiplin Kerja terhadap Produktivitas Kerja Karyawan. Terdapat juga pengaruh yang positif dan signifikan dari Pemberian Upah terhadap Produktivitas Kerja Karyawan. Secara simultan, Disiplin Kerja dan Pemberian Upah bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Di PT. Yatra Buana Fajar</p> 2025-06-16T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.asmkencana.ac.id/index.php/SECAD/article/view/164 STRATEGI EFEKTIF DALAM MANAJEMEN PENGELOLAAN SEKOLAH TINGGI DI ERA KONTEMPORER 2025-07-11T07:21:22+00:00 Jaenal Arifin Jaenal2473@yahoo.com <p>Dalam menghadapi tantangan era kontemporer, strategi manajemen yang efektif pada Sekolah Tinggi menjadi krusial untuk peningkatan kinerja dan kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi-strategi efektif dalam manajemen pengelolaan Sekolah Tinggi, mencakup kepemimpinan, pengelolaan sumber daya, kurikulum, sarana prasarana, keuangan, serta hubungan dengan masyarakat . Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan yang visioner dan inklusif, manajemen sumber daya manusia yang efektif, budaya organisasi yang positif, penggunaan teknologi informasi yang optimal, serta kemampuan adaptasi dan inovasi merupakan strategi kunci dalam meningkatkan kinerja . Selain itu, penerapan manajemen modern dengan prinsip Good University Governance (GUG) sangat penting, meliputi transparansi dan akuntabilitas, struktur organisasi yang efektif, pengelolaan sumber daya yang cerdas, dan pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas . Strategi ini diharapkan dapat meningkatkan akses pendidikan tinggi dan memenuhi kebutuhan stakeholder, baik internal maupun eksternal</p> 2025-06-16T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement##