PENGARUH SOFT SKILL DAN DISIPLIN TERHADAP KINERJA GURU MTS AL-IKHWAN CILILIN KABUPATEN BANDUNG BARAT

  • Neneng Milasari Akademi Sekretaris dan Manajemen Kencana Bandung
  • Elly Watti Noorhan Akademi Sekretaris dan Manajemen Kencana Bandung
Keywords: Soft Skills, Disiplin, Kinerja Guru

Abstract

Rendahnya kinerja guru disinyalir oleh soft skills guru MTs Al Ikhwan Cililin Kabupaten
Bandung Barat yang masih kurang optimal dalam cara mengajar dan berkoordinasi,
serta disiplin guru yang masih relatif rendah dengan tingkat ketidakhadiran guru yang
bersifat indisipliner mencapai 48.7%. Adapun tujuan penelitian ini adalah
mendeskripsikan Soft skills, Disiplin, Kinerja Guru, dan menguji besarnya pengaruh
Soft skills dan Disiplin terhadap Kinerja Guru. Metode yang digunakan adalah metode
survei deskriptif dan survei eksplanatori. Tipe investigasi dalam penelitian ini adalah
kausalitas. Unit analisis para Guru MTs Al Ikhwan Cililin Kabupaten Bandung Barat
dengan sampel sebanyak 45 Guru. Time horizon dalam penelitian ini adalah cross
sectional serta metode analisis yang digunakan adalah distribusi frekuensi dan analisis
jalur. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat ditemukan bahwa Soft
skills Guru MTs Al Ikhwan Cililin Kabupaten Bandung Barat sangat tinggi, Guru MTs
Al Ikhwan Cililin Kabupaten Bandung Barat sudah memiliki Disiplin dan Kinerja yang
tinggi. Soft skills dan Disiplin secara simultan berpengaruh Terhadap Kinerja Guru.
Namun secara parsial Disiplin dominan mempengaruhi Kinerja Guru daripada Soft
skills.

Published
2023-06-16
Section
Articles