PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KOMITMEN KERJA TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA RS JULIANA BOGOR

  • Suryakerta Suryakerta
Keywords: Kualitas Pelayanan, Komitmen Kerja, Kepuasan Pasien

Abstract

Masalah utama yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah Kepuasan pasien Pada RS Juliana Bogor, yang diduga dipengaruhi oleh faktor kualitas pelayanan dan komitmen kerja pegawai. Seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan dan komitmen kerja terhadap kepuasan pasien pada RS Juliana Bogor, baik secara simultan maupun parsial. Tujuan penulis melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kualitas pelayanan, komitmen kerja dan kepuasan pasien Pada RS Juliana Bogor, serta pengaruh kedua variabel bebas terhadap variabel terikat baik secara simultan maupun parsial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Responden dalam penelitian ini sebanyak 90 orang. Data dalam penelitian ini adalah data primer, dimana data tersebut didapatkan dari jawaban responden terhadap kuesioner yang penulis sebarkan. Hasil analisa data yang telah penulis lakukan, maka didapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari kualitas pelayanan dan komitmen kerja baik secara simultan maupun parsial terhadap kepuasan pegawai RS Juliana Bogor. Kepuasan sebesar 76,50% kepuasan pasien dapat dijelaskan oleh Kualitas pelayanan dan komitmen kerja pegawai dan sisanya sebesar 23,50% dipengaruhi faktor lai yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Published
2021-07-30
Section
Articles