PENGARUH BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI PT BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH HARTA INSAN KARIMAH BEKASI
Abstract
Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di PT BPR Syariah Harta Insan Karimah Bekasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di PT BPR Syariah Harta Insan Karimah Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif dan verfikatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi dan studi kepustakaan. Sedangkan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis jalur, uji t dan uji F menggunakan SPSS. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah probability sampling jenis proposionale stratified random sampling. Pegawai yang dijadikan sampel berjumlah 54 orang, dari populasi berjumlah 117 orang. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan maka dapat disimpulkan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) berpengaruh sebesar 34,00 % terhadap Kepuasan Pelanggan, Pelayanan berpengaruh sebesar 34,30 % terhadap Kepuasan Pelanggan dan secara bersama-sama Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Dan Pelayanan mempunyai pengaruh sebesar 68,30 % terhadap Kepuasan Pelanggan Di PT. BPR Syariah Harta Insan Karimah Bekasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka langkah-langkah yang perlu diambil oleh Manajemen PT. BPR Syariah Harta Insan Karimah Bekasi adalah agar melakukan upaya lebih meningkatkan kualitas Kepuasan Pelanggan melalui perbaikan kualitas Bauran Pemasaran (Marketing Mix) dan Pelayanan.



