INSIGHT FROM RELATION TACIT KNOWLEDGE ON TEACHER SATICFACTION AND PERFORMANCE IN PRIVATE VOCATIONAL SCHOOL
Abstract
Guru berpengalaman diperlukan untuk mendukung aktivitas utama lembaga pendidikan
vokasi agar mampu menghantarkan para siswa bersaing di era revolusi industri dan
menjadi bagian dari society 5.0. Menganalisis hubungan tacit knowledge on teacher
saticfaction and Performance in Private vocational school Deskriftif inferensial melalui
survey menggunakan kuesioner terhadap 334 guru Sekolah menengah kejuruan (SMK)
swasta yang tersebar di Jawa barat yang dipilih secara acak sederhana. Prosedur
pengolahan data menggunakan SEM untuk menjawab masalah penelitian. Sikap terhadap
kondisi dan tantangan dalam pekerjaan yang rendah termasuk penghargaan
menyebabkan para guru berpengalaman membatasi optimalisasi fungsi pengalaman
untuk mendorong meningkatnya kinerja guru.Tacit knowledge tidak memiliki pengaruh
signifikan terhadap kinerja akibat lemahnya pengharhan terhadap guru berpengalaman di
SMK swasta. Memberikan penjelasan mengenai pentingnya tata kelola tacit knowledge
terhadap kinerja di pendidikan vokasional melalui sistem yang terstruktur yaitu knowledge
management.