PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KERELASIAN TERHADAP LOYALITAS TAMU PADA HOTEL KALYA BANDUNG

  • Risna Amelia
Keywords: Kualitas Pelayanan, Kerelasian, Loyalitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan dan kerelasian terhadap loyalitas tamu pada hotel kalya Bandung. Variabel yang diuji dalam penelitian ini terdiri dari kualitas pelayanan, kerelasian dan loyalitas. Lokasi penelitian ini terletak di Hotel Kalya Bandung. Populasi dan sampel penelitian ini adalah tamu repeater individu dan group Hotel Kalya Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan verifikatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan menggunakan kuesioner, observasi dan kepustakaan. Teknik Sampling menggunakan Purposive Sampling, Analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (Path Analysis).Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan dan kerelasian berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas tamu. Secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas tamu. Pengaruh variabel X1, dan X2 secara bersama-sama terhadap variabel Y sebesar 43% dan 57% dipengaruhi variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian

Published
2021-07-30
Section
Articles