PENGARUH KARAKTERISTIK INDIVIDU TERHADAP KUALITAS KERJA KARYAWAN DI ASM ARIYANTI

  • Darul Wiyono Akademi Sekretari dan Manajemen Ariyanti
Keywords: Karakteristik Individu dan Kualitas Kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak karakteristik individu terhadap
kualitas kerja karyawan di Akademi Sekretari dan Manajemen Ariyanti secara parsial.
Metode penelitian yang diterapkan adalah deskriptif kuantitatif, dengan teknik analisis
data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan regresi linier. Populasi penelitian
melibatkan 35 karyawan di Akademi Sekretari dan Manajemen Ariyanti, dan sampel
penelitian terdiri dari 32 karyawan. Penelitian dimulai dengan mengakui peran krusial
karakteristik individu dalam membentuk kualitas kerja karyawan. Pendekatan
deskriptif kuantitatif digunakan untuk mengevaluasi dampak karakteristik individu
terhadap berbagai aspek kualitas kerja. Uji validitas dan uji reliabilitas dilakukan untuk
memastikan keandalan data yang terkumpul, sementara regresi linier digunakan
untuk analisis yang lebih mendalam terhadap hubungan antara karakteristik individu
dan kualitas kerja. Populasi penelitian melibatkan 35 karyawan di Akademi Sekretari
dan Manajemen Ariyanti, sedangkan sampel penelitian terdiri dari 32 karyawan yang
dipilih dengan teknik proportional random sampling. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa karakteristik individu memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap
kualitas kerja karyawan di Akademi Sekretari dan Manajemen Ariyanti. Temuan ini
mengonfirmasi bahwa hipotesis penelitian dapat membuktikan adanya pengaruh yang
signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa karakteristik individu
memiliki peran yang penting dalam meningkatkan kualitas kerja karyawan di Akademi
Sekretari dan Manajemen Ariyanti. Oleh karena itu, pemahaman mendalam terhadap
karakteristik individu dapat menjadi landasan strategis bagi pengembangan program
dan kebijakan yang mendukung peningkatan kualitas kerja karyawan dalam konteks
pendidikan dan manajemen.

Published
2023-12-16
Section
Articles